twitter


Setelah seminar proposal dan penelitian selesai, maka "SELAMAT DATANG DI DUNIA REVISI". Jalan menuju sidang adalah luar biasa, ada jalan berliku, nanjak, tikungan, belok, lampu merah, lurus terus, nabrak. Oke. Mengenang masa lalu adalah hal sulit. Apalagi mengenang masa sulit? Apalagi yang nulis lagi merasakan awal mula masa sulit kuliah profesi. Hmm. Gapapa demi berbagi pengalaman biar kamu punya gambaran dan gak bingung-bingung lagi. Lanjut ke topik pembicaraan gue akan membahasa sidang skripsi di Farmasi UGM.

Jadi, proposal skripsi dan skripsi itu adalah dua hal yang nggak se-level (beda level perjuangan). Meskipun beberapa format proposal dengan skripsi itu sama. Tips mengenai penulisan skripsi cukup 1 kalimat yaitu ikutin kata pembimbing mu :P. Tapi yang pasti berlaku untuk semua pembimbing dan sering kamu dilupakan adalah apabila mengutip sitasi dari sumber, jangan sama persis kalimatnya tapi ambil makna dari kalimat itu lalu tulis kembali dengan kalimatmu sendiri. Karena kalo bener-bener persis dengan sumber maka kamu bisa dibilang plagiat (serem gak tuh).

Alur menuju sidang skripsi antara lain :
1. Pastikan tanggal Deadline mengumpulkan draft skripsi ke akademik, biasanya ada Deadline per periode sebelum wisuda. Pengertian draft skripsi adalah skripsi full tanpa dijilid. Draft skripsi yang dikumpulkan ke akademik tentunya sudah di Acc oleh dosen pembimbing (dosbing). Sebenernya tujuan dari mengumpulkan draft, tidak tau pasti buat apa, sepertinya hanya memastikan bahwa skripsi kita ada dalam bentuk nyata bukan hanya fiktif belaka~ Soalnya setelah itu draft skripsinya dikembalikan tanpa ada revisian apapun dari akademik. Selain draft, yang perlu dikumpulkan adalah abstrak sebanyak 12 lembar dan form pemilihan dosen penguji. Nah untuk dosen penguji yang nentuin kamu (awalnya), terus dirapatkan oleh fakultas. Beberapa hari kemudian muncul pengumuman dosen penguji mu siapa. Biasanya dari 2 dosen penguji, yang sesuai sama pilihan hanya 1 dosen, lainnya dipilihkan oleh fakultas. Menurut pengalaman, pilihlah dosen penguji yang sedikit dipilih atau bahkan gak dipilih oleh temen mu yang lagi mau sidang. Agar peluang terpilihnya dosen pilihan mu besar.

2. Setelah keluar jadwal dosen penguji, ambil form satu bundel di akademik yang berisi undangan, form penilaian, berita acara, dll. Untuk ruangan, kamu pinjem sendiri dengan mengambil form peminjaman ruang, terus booking ruang di papan tulis bag. TU. Di papan tulis itu, kamu bisa lihat ruangan mana aja yang udah dibooking. Siapa yang cepet booking dia dapet, tapi kan banyak ruang yang bisa dipake jadi gak masalah kalo ada yang jadwalnya bentrok. Untuk ruang sidang unit 1 gak bisa dipakai karena buat rapat panitia lustrum. Kalo jaman gue ruang yang sering dipake itu ruang sidang unit 5 sama perpus unit 3. Oh ya, sebelum booking ruang, kamu harus menghubungi dulu dosen pembimbing dan penguji mu untuk menentukan tanggal yang dapat dihadiri oleh semua dosen tersebut.

3. Kalo udah fix tanggal dan ruang, saatnya nyebar undangan untuk dosen pembimbing dan penguji, akademik, dan TU sekalian nyerahin form peminjaman ruang.

4. Saat yang paling penuh perjuangan dimulai yaitu RE-VI-SI. Draft skripsi yang sudah dibuat sebelumnya masih harus direvisi lagi oleh dosen pembimbing. Lalu dikumpulkan ke dosen penguji seminggu sebelum sidang. Nah, proses selama revisi ini yang penuh dengan perjuangan jiwa, raga, lahir dan batin. Intinya menguras hidup lo. Fase yang paling berat menuju sidang ya ini. Biasanya yang paling nyesek kalo revisian dosen cuma sedikit, tapi halaman se-skripsi berubah total. Juga tata letaknya khususnya gambar yang susah banget ngaturnya biar gak kepotong sama keterangan. Mau gak mau kamu harus ngeprint dari awal, semua halaman! padahal yang direvisi cuma sedikit, huft banget. Dan gue sudah menghabiskan 2,5 rim kertas untuk revisian, karena ngeprint sendiri jadi cukup hemat, entahlah kalo ngeprint di rental.

..... beberapa lama kemudian setelah revisian di acc.

Serahkan skripsi (belum dijilid) serta undangan sidang skripsi mu ke dosen penguji dan pembimbing. Setelah itu SELESAI lah sudah, tinggal menghitung hari untuk disidang :D

bersambung...


1 comments:

  1. Ooo kayak gitu ya alur skripsinya universitas. Nambah ilmu deh, thanks

Post a Comment