twitter


Halo 2019!

Sebelumnya bagi yang belum tau Acept dan PAPs itu apa, gue jelasin dulu. Jadi, Acept dan PAPs itu adalah tes untuk memenuhi persyaratan pendaftaran S2/S3 UGM. Acept adalah tes kemampuan bahasa inggris sebagai pengganti TOEFL. Sedangkan PAPs itu adalah tes TPA peganti tes TPA BAPPENAS. Tes Acept dan PAPs ini harganya berkali-kali lipat lebih murah dan jadwal tesnya ada setiap seminggu sekali. Tetapi kamu tidak bisa menggunakan hasilnya untuk mendaftar beasiswa nasional maupun internasional atau untuk mendaftar ke univ lain, hanya bisa dipake buat daftar S2/S3 di UGM saja.

Oke lanjutt, gue akan bahas satu per satu. Mulai dari Acept dulu yaa setelah itu Paps ya.

ACEPT
PENDAFTARAN ACEPT

1. Halaman awal :
https://acept.ugm.ac.id/sessAcept/idx.php
Disini kamu bisa cek kuota yang sudah berjalan dan peraturan secara umum.
Pendaftaran ditutup H-1 jam 14.00. Pastikan pembayaran sudah dilakukan baru kamu bisa login.
Kamu juga bisa melihat ketentuan saat tes harus membawa apa saja. Saat tes sebenarnya sudah disediakan pensil 2B, penghapus dan rautan. Kalau mau bawa untuk cadangan juga gapapa.

2. Jadwal Acept :
Disini jadwal dan kuota tidak update, cek di halaman awal saja yang lebih real time. Kalo tanggal tes bisa dicocokan sendiri setiap hari rabu. Jadwal dalam 1 hari ada 2x tes, kamu bisa ambil salah satu sesi,yakni pukul 08.00-11.00 atau 13.00-16.00

3. Prosedur pendaftaran :
Pembayaran sayangnya hanya bisa dilakukan di Bank BNI. Usahakan pembayaran dilakukan jauh-jauh hari aja. Kamu bisa login kapan saja, tidak harus sesuai hari pembayaran.

4. Login :
ke http://acept.ugm.ac.id/sessAcept/idx.php
Username : isi tanggal lahir
Password : ada dibukti pembayaran bank
Isi pendaftaran lalu cetak kartu.


5. Cek hasil :
http://acept.ugm.ac.id/hasil/
Hasilnya keluar kurang lebih 8 hari setelah tes.


6. Ketentuan pengambilan sertifikat :
http://pusatbahasa.ugm.ac.id/2018/02/28/test-acept/

7. Lokasinya :
Masuk dari bunderan ugm -> lurus ambil kanan -> ada pintu masuk FIB (kiri jalan) -> masuk terus langsung ke kanan -> ke Gedung G

8. Test hari H
Lokasi tes di lantai 2 atau 3, tapi penitipan tas ada di lantai 1. Barang yang boleh dibawa ke atas adalah kartu peserta, KTP, air minum (bawa aja biar ga dehidrasi), alat tulis (pensil 2B, penghapus, rautan) optional sebaiknya dibawa saja untuk cadangan meskipun disana sudah di siapkan pensil, penghapus, dan rautan.
Pastikan tidak membawa hp, kalau ketahuan hp nyala pada saat tes, kamu langsung didiskualifikasi.

TIPE SOAL ACEPT
Cara menjawabnya dengan menghitamkan ljk, cukup membutuhkan waktu nih. Usahan pensil diraut dulu agar lebih efisien saat menghitamkan.

Banyak yang bilang Acept lebih sulit dari TOEFL. Kalo menurut gue dari segi kosakata lebih mudah dipahami Acept, tapi kalo kalo dari segi model soal lebih banyak Acept. Gue bahas satu-satu ya sesi soal Acept. Cekidot --->

Listening (20 soal), Vocabulary (30 soal), Grammar and Structure (40 soal), Reading Comprehension (40 soal,) dan Composing Skills (40 soal).
Nilai setiap bobot soal adalah 2,5. Waktu per sesi ada sendiri-sendiri. Tidak boleh mengerjakan soal selanjutnya jika belum ada aba-aba.

1. Listening
Tipe pertama :
Kamu akan mendengarkan pernyataan 1 kalimat lalu diminta memilih jawaban yang makna nya sama. Jeda waktu soal ke soal cepet banget. Total waktu mepet banget, jadi jangan kelamaan mikir. Ketika audio berlangsung harus sambil baca option dan mentranslate ke makna yang sama. Setelah audio selesai langsung bulatkan jawaban.

Tipe kedua :
Kamu akan mendengarkan 1 paragraf untuk menjawab 2 pertanyaan. Pertanyaannya adalah topik dan kesimpulan teks. Ketika audio diperdengarkan, kamu bisa langsung mengira2 pertanyaan dan menjawab soal.

2. Vocabulary
Tipe pertama :
Mengisi titik-titik di dalam paragraf, kamu bisa menyesuaikan jawaban dengan konteks soal. Vocab nya tidak terlalu susah, masih umum dipakai.

Tipe kedua :
Mengisi titik-titik 1 kata yang hilang dari frasa kalimat yang biasanya bergandengan. Kamu bisa menyocokkan apakah kata tersebut cocok disandingkan dengan kata yang ditebalkan.

3. Grammar & structure
Tipe pertama :
Memilih kalimat yang benar. Intinya dalam satu kalimat itu harus terdapat Subject dan Verb, Kamu bisa pelajari ini di buku-buku strategi toefl.

Tipe kedua :
Mengisi titik-titik pada paragraf sesuai dengan tenses dan pasif/aktif suatu kalimat.

Tipe ketiga :
Memilih 1 kata yang salah dari kalimat yang digaris bawahi. Tipe ini seperti di soal toefl, kamu bisa pelajari grammar yang ada pada buku-buku strategi toefl.

4. Reading
Sama seperti soal toefl, soal seputar topic/main idea, kesimpulan, seputar teks, similiar meaning kata, dll. Kalau dibandingkan dengan toefl, soal reading Acept jauh lebih mudah. Dalam hal vocab dan kalimatnya lebih mudah dimengerti serta jawaban pertanyaannya pasti ada di dalam teks bacaan. Jadi, tidak perlu mikir lama dan pusing.

5. Composition
Ini adalah tipe soal yang banyak jenis nya bikin lama mikir haha. Susah memilih jawaban yang benar.

Tipe pertama :
Tidak ada soal, kamu harus memilih kalimat yang sesuai dengan tata bahasa grammar dan kalimat yang paling logic.Agak membingungkan memang, tapi kuncinya dalam 1 kalimat harus ada Subject dan Verb. Kalau ada 2 kalimat harus ada konektor.

Tipe kedua :
Mengganti 1 kata menjadi kata yang sesuai dari segi konteks soal (tenses,pasif/aktif) kalimat.

Tipe ketiga :
Kamu harus memilih kalimat yang sama makna nya sesuai dengan soal. Pilihan jawaban yang benar harus ada Subject dan Verb.

Tipe keempat :
Melanjutkan 1 kalimat yang ada pada soal. Soal ini yang paling membingungkan karena hampir semua pilihan jawaban cocok untuk melanjutkan kalimat soal haha. Pilih saja yang paling dekat dengan kalimat awal. Biasanya ditandai penghubung diawal kalimat, contoh kalimat kontra atau kalimat lanjutan.

Selesai sudah mengerjakan soal Acept. Yeay!!
Tips yang paling penting adalah manajemen waktu. Jangan sampai kehabisan waktu karena memang waktunya sangat mepet banget. Per tipe soal ada waktu sendiri, jadi tidak bisa nyicil mengerjakan soal selanjutnya kalau sudah selesai. Tapi kalau masih kebanyakan waktu kamu bisa sih curi-curi mengerjakan soal sebelumnya, tapi kalau ketahuan nanti akan ditegur loh haha.

Oke deh segitu dulu tentang Acept ya!
Lanjuuut bahas PAPs -->




PAPs

PENDAFTARAN

Alur pendaftaran PAPs :
Alamat web PAPs :
Disini kamu bisa melihat prosedur pendaftaran, jadwal, dan ketentuan saat tes.

1. Prosedur pendaftaran 

Kalau PAPs kamu bisa melakukan pembayaran lewat atm. Pastikan atm tersebut dapat mencetak bukti pembayaran yaa. Karena untuk login kamu perlu data yg ada di struk pembayaran.

2. Jadwal PAPs
Jadwal tes PAPs setiap 1 minggu sekali di hari kamis. Jadwal dalam 1 hari ada yang 1x / 2x / 3x tes tergantung hari, kamu bisa ambil salah satu sesi,yakni pukul 08.00 / 10.30 / 13.00. Tes berlangsung selama 1 jam.

3. Ketentuan peserta PAPs
Kamu bisa cek ketentuan saat tes apa saja yang dibawa. Pastikan bawa alat tulis pensil 2B, penghapus, dan rautan karena disana tidak disediakan.

4. Login pendaftaran :
https://paps.ugm.ac.id/

Username : isi tanggal lahir
Password : ada dibukti pembayaran bank
Isi pendaftaran lalu cetak kartu.

TIPE SOAL PAPS
Cara jawabnya hanya dengan menyilangkan jawaban saja dengan pensil 2B. Berbeda dengan Acept yang harus menghitamkan jawaban.

Banyak yang bilang Paps lebih mudah dari TPA BAPPENAS. Gue belum pernah liat tes TPA BAPPENAS, tapi secara umum mungkin kurang lebih sama ya. Disini gue bahas satu-satu tipe soalnya ->>

1. Tes Verbal
Tipe pertama :
Sinonim dan antonim masih umum banget kata-katanya. Pilihannya hampir sama semua haha. Kalo bener-bener dipikirkan nanti kelamaan, mending tembak dulu salah satu nanti kalau ada waktu dibaca lagi.

Tipe kedua :
Analogi kata atau hubungan kata. Sama seperti tes TPA biasanya, memilih jawaban yang sesuai dengan analogi soal. Paling mudah dimengerti sih.

Tipe ketiga :
Pemahaman logika sederhana. Baca soal pelan-pelan lalu dihayati. Pasti akan ketemu jawabannya, hehe.

2. Tes Kuantitatif
Tipe pertama :
Deret angka seperti TPA biasa, soalnya lebih simple dan ga complicated.

Tipe kedua :
Banyak soal matematika SMP kalau kamu lupa bisa buka-buka lagi. Seperti: sudut pada garis, luas dan volume benda 3D (tabung/kerucut/balok/kubus/prisma/bola),luas dan keliling benda 2D (lingkaran/persegi/belah ketupat/jajar genjang). Hapalkan rumusnya yaa!

Tipe ketiga :
Soal matematika cerita terkait harga, gaji, untung rugi, dll. Soal ini agak butuh pemahaman dan penghayatan jadi skip dulu aja kalo memang butuh mikir lama.

Tipe keempat :
Perhitungan angka seperti persentase, perkalian, pembagian, dll. Soal ini menuntut kamu cepat, ga usah dihitung semuanya, kalau sudah ketahuan angka paling ujungnya benar langsung pilih jawabannya atau cari jawaban yang paling mendekati.

Tipe kelima :
Soal cerita tentang perbandingan. Ingat, ada perbandingan lurus dan terbalik ya. Perbandingan lurus misal : jika 5 buku untuk 10 orang, maka 8 buku untuk berapa orang. Perbandingan terbalik misal : jika 10 orang mampu mengerjakan 5 jam, maka 20 orang mampu mengerjakan berapa jam.


3. Tes Visual
Tipe pertama :
Soal ini ga ditemukan di soal TPA biasanya. Sangat membingungkan haha. Contohnya seperti ini:
Jadi kamu diminta mencari hubungan antar 3 kata tersebut. Kalo menurut gue soal diatas ada hubungan seperti ini : Koruptor itu bisa meliputi politikus dan mentri -> berarti jawabannya A.

Tipe kedua :
Gambar yang tidak berhubungan diantara pilihan jawaban. Kamu harus mencari korelasi dulu dari gambar2 sebelumnya, misal: semua gambar bersudut, atau berjumlah ganjil/genap, dll

Tipe ketiga :
Memilih gambar selanjutnya, biasanya dari gambar yang diputar lalu putaran selanjutnya gambar menghadap mana.

Tipe keempat :
Melanjutkan hubungan gambar dari hubungan gambar sebelumnya. Soalnya cukup bikin pusing haha. Susah menemukan korelasi kedua gambar sebelumnya.

Selesai sudah mengerjakan soal PAPs. Yeay!!
Sama seperti Acept tips yang paling penting adalah manajemen waktu dan juga ketelitian. Di PAPs tidak ada soal jebakan.
Per tipe soal ada waktu sendiri, jadi tidak bisa nyicil mengerjakan soal selanjutnya kalau sudah selesai. Kamu akan punya banyak waktu sisa untuk soal Tes Verbal tapi tidak boleh mengerjakan soal selanjutnya karena belum ada aba-aba. Padahal soal di Tes Kuantitatif dan Tes Visual sangat memakan waktu. Tes kuantitatif banyak memakan waktu karena kebanyakan hitungan, kalau tes visual kelamaan mikir karena bingung haha. Jadi, gunakan waktu sebaik mungkin.

END

Oke deh akhirnya selesai sudah postingan gue yang panjang lebar ini tentang ACEPT dan PAPs :D
Semoga hasil tes kalian sesuai dengan target!
Jangan lupa cek kelengkapan yang harus dibawa dan refresh dulu soal-soal sebelum tes yaa.

Sampai jumpa dipostingan berikutnya!

-vv-

2 comments:

  1. Mantap mbak cintentnya...

  1. Wah lengkap cerita pengalaman ikut tes... moga2 bisa lulus deh ane

Post a Comment