twitter


Kali ini ospek UGM 2014 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jadi terdiri dari 2 hari ospek universitas, 2 hari ospek fakultas, 2 hari pelatihan soft skill dan 1 hari penutup. Kalo di hitung total 7 hari :0

Sekarang gue akan ngbahas ospek Fakultas gue yaitu Farmasi. Disini gue bukan sebagai peserta lagi (kan 2 tahun yang lalu udah), tapi gue sebagai bagian dari penyelenggara acara yaitu pemandu. Awalnya gue pikir pemandu itu enak bisa berinteraksi langsung dengan maba (dibagi per kelompok) ternyata..lebih dari itu, pemandu harus menyampaikan 4 materi yaitu :
- konsep diri
- manajemen waktu
- kepemimpinan
- kontribusi
Sudah tak terhitung simulasi yang dilakukan untuk melatih penyampaian materi, tak lupa ada nya training dari pembicara yang berpengalaman. Selain agenda khusus pemandu, ada juga rapat pleno untuk seluruh panitia yang rutin dilaksanakan setiap senin 2 minggu sekali sehabis kuliah dari jam 18.00-20.00 padahal acara nya masih lama -_-

Oh iya, jadi ospek di UGM itu nama nya PPSMB (Pelatihan Pembelajar Sukses Bagi Mahsiswa Baru) sedangkan untuk di Farmasi nama nya Papyrus yaitu Pelatihan Profetik Skill Pembelajar Sukses.


Sebelum mulai hari H Papyrus, ada TM (Technical Meeting) tapi karena dari pihak UGM tidak menyetujui maka sekarang diganti menjadi SG (Stadium General). Isinya sama, cuma nama nya aja yang beda --,-
Pada waktu ini maba di kelompokkan menjadi 12 kelompok dengan 2 pemandu tiap kelompok. Gue kebagian memandu kelompok 2 yang bernama Anti-depresan.

Tugas pemandu di hari ini adalah menjelaskan tentang cara KRS-an dan menemani tour keliling farmasi. Setelah itu dilanjutkan rapat untuk persiapan besok sampai Ashar. Maba masih berseliweran di kampus mengejarkan co-card yang berbentuk Bowl of Hygea untuk dipakai keesokan hari nya.


Nah tiba saatnya hari H atau Papyrus hari-1. Panitia udah harus stay jam 5.30 di kampus untuk briefing terlebih dahulu sambil sarapan bareng. Sedangkan maba harus datang jam 6.45, kumpul di depan fakultas Farmasi. Setelah itu maba bersama panitia moving ke dalam Farmasi menuju lapangan basket sambil berteriak jargon Farmasi! Farmasi! Go! Go! Go! Hoy!
Semangat nya masih ke rasa banget.

Acara ospek fakultas untuk tahun ini dipersempit menjadi 2 hari yang tadinya 3 hari. Begitupula jam ospek telah ditentukan yaitu dari jam 07.00- 16.00, diluar jam itu kampus harus steril dari maba.

Setelah acara selesai tepat jam 16.00 dilanjutkan dengan rapat panitia sampai jam 20.00 karena kampus harus steril setelah 20.00. Total keberadaan panitia di kampus adalah 12,5 jam :o :o Begitupula keesokan hari nya.

Nah ini foto pas pembubaran upacara penutupan ospek fakultas. Sedih sih :( harus melepas mereka berkelana menikmati keras nya kehidupan kampus (Good Luck yach! :)
Gue yang pake baju merah sebelah kiri, yang sebelah kanan itu Pipit, pemandu yang satu nya.

Setelah ospek fakultas mereka juga harus melanjutkan rangkaian acara berikutnya yaitu soft skill selama 2 hari. Ckck ga diberi waktu lagi buat istirahat nih.

Lalu selanjutnya tibalah hari minggu, waktu yang ditunggu-tunggu yaitu  hari penutupan rangkaian seminggu ospek UGM .
Seperti biasanya PPSMB UGM menyajikan karya yang luar biasa dengan melibatkan maba di dalam nya. Tahun 2012 mereka berbentuk kepulauan Indonesia , tahun 2013 berbentuk bendera merah putih dan tahun ini 2014 berbentuk lambang Garuda Bhineka Tunggal Ika.


Dan.. akhir kata,
Selamat datang Garuda muda, kalian telah menjadi bagian dari Universitas Gadjah Mada :) !
Tanamkan selalu jiwa pancasila mu  ;)