twitter


1. Minum air setelah bangun tidur
Rasulullah saw mengamalkan minum segelas air setiap pagi, Insya Allah jauh dari penyakit.

2. Sarapan dengan segelas air dicampur sesendok madu asli
Setelah subuh, Rasulullah saw sarapan dengan segelas air dicampur sesendok madu asli untuk membersihkan air liur dan saluran pencernaan. Ditinjau dari segi kesehatan, madu berfungsi membersihkan lambung, mengaktifkan usus, menyembuhkan sembelit, wasir dan peradangan.
Rasulullah saw bersabda :
" Hendaknya kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Al-quran." (HR. Ibnu Majah dan Hakim)

3. Makan 7 buah kurma matang
Rasulullah saw bersadba :
"Barang siapa makan tujuh butir kurma akan terlindungi dari racun."
Ini terbukti ketika seorang perempuan Yahudi menaruh racun dalam makanan Rasulullah saw, beliau selamat  padahal salah seorang sahabat yang ikut makan racun tersebut meninggal. Hal itu karena racun yang tertelan Rasulullah saw ternetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma.
Belakangan terbukti bahwa kurma dapat mematikan sel-sel kanker juga sangat baik untuk kesehatan janin.

4.Cuka dan minyak zaitun
Manfaatnya adalah mencegah lemah tulang dan kepikunan di hari tua, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol, memperlancar pencernaan dan mencegah kanker.
Dalam surah At-Tin, kata At-Tin hanya ada 1x sedangkan kata Az-Zaytun diulang sebanyak 7x. Jika buat tin dan buah zaitun dikonsumsi dengan perbandingan 1:7, maka akan menghasilkan "ahsani taqwim" atau tubuh yang sempurna.
Syaikh Ahmad Yasin adalah seorang yang rutin mengonsumsi nya sehingga beliau tetap sehat dan kuat meski lumpuh sejak kecil.

5. Waktu untuk makan buah
Rasulullah saw menyarankan agar tidak memakan buah setelah makan makan nasi. Karena dapat menyebabkan mudah mengantuk sehingga kita merasa lemah dan sulit memahami pelajaran serta malas beraktivitas.
Sebaiknya makanlah buah terlebih dahulu lalu makan nasi.

6. Tidak meninggalkan makan malam
Rasulullah saw bersabda :
"Jangan lupakan makan malam, meski dengan sebutir kurma kering. Aku mengkhawatirkan umatku cepat tua karena meninggalkannya. Makan malam merupakan sumber energi yang baik bagi anak muda maupun orang tua."
Namun makan malam dengan perhatikan menu dan jangan segera tidur setelah makan karena tidak baik untuk kesehatan jantung. Bila ingin tidur, lakukan 2-3 jam setelah makan malam.

7. Makan buah labu manis
Salah satu makanan Rasulullah saw adalah buah labu manis yang bisa terbukti mencegah penyakit gula.

sumber : buku BRAIN, BEAUTY, BELIEF Dian Pelangi

4 comments:

  1. Skrg byk makan siap saji yang merupakan makanan tdk sehat, perlu utk kita Semua mengantisipasinya.. Terima kasih infonya.. #keepBlogWalking

  1. disajiin scr islami (y)

  1. terinspirasi pkm nya kurma gara2 baca ini mesti. hehe

  1. tapi ada yang menyebutkan bahwa bahaya makan malam bagi kesehatan

Post a Comment