twitter



Manipulasi adalah hal yang tepat tapi bukan hal yang baik.
Kebenaran cuma hanya ada satu dan kebenaran itu (katanya) milik teori.

Kasus:
Gue nimbang sample 2,5 gram aja susahnya bikin gila.


Kesalahan yang boleh gue lakuin harus maksimal 0,1 % (karena disuruh timbang seksama) berarti gue cuma boleh selisih 0,0025 g dari berat sample yang diminta. (bayangin lo itu beratnya sama kayak debu, sekecil apa coba)

So far timbangan gue yang paling mendekati adalah 2,5511 g  (di timbangannya 4 angka di belakang koma) dan itu sangat jauh sekali dengan kesalahan 0,1% yang boleh gue lakuin. Pahadal gue udah nimbang 5 kali.
Yasudah kelompok gue juga udah pasrahin ke gue,udah stres, dan berencana untuk memanipulasi data sehingga mendekati yang sebenarnya.
Tapi rencana hitam itu tidak jadi dilakukan kerena jujur itu indah.

Total waktu yang dibutuhkan cuma untuk pembakuan adalah 3,5 jam nonstop. Dan dilanjutkan pratikum yang sebenarnya selama 4 jam.
Ya, itu adalah waktu yang sangat singkat untuk pratikum yang mengandung kata-kata KIMIA.


Semoga awal pratikum di semester ini yang gue dan kelompok gue jalani sampai 1 semester ke depan, selalu diberi kecepatan, ketelitian, keselamatan dan kebahagiaan selama melakukan kerja di lab.




Amin.







2 comments:

  1. Jujur itu indah... :)
    Sesungguhnya manipulasi dan rekayasa adalah bagian dari pemanfaatan Sains
    =D

  1. Agree! :D

Post a Comment