twitter


Jika disuruh tebak dimanakah tempat ini berada, pasti banyak yang menjawab pasti di luar negeri lah

Masih kah ada ruang untuk tanah air ini di hati para warga negara nya sendiri?

Untuk itu dalam postingan kali ini saya akan membahas salah satu kekayaan dan keindahan alam di Indonesia yang sungguh luar biasa, membuat kita kembali tersadar akan betapa besarnya kebesaran Sang Pencipta untuk seluruh jagad raya ini.

RAJA AMPAT

Kepulauan Raja Ampat terdiri dari gugusan kepulauan besar dan kecil yang memanjakan mata,pantai pasir putih yang berkilau, kekehidupan bawah laut dengan keindahan terumbu karang yang masih utuh, pegunungan yang tersusun rapi, resort dan penginapan yang tak kalah nyaman, juga hutan tropis yang memiliki aneka ragam kehidupan satwa di dalamnya.

Memiliki 610 pulau kecil dan empat pulau besar utama yakni Pulau Waigeo, Pulau Misoo, Pulau Salawati, Pulau Batanta. Luas wilayah 46.000 km2 40.000 km2 perairan 6.000 km2 daratan

Pasir putih berkilau yang lembut menemani laut bening yang belum terjamah. Warna laut di dominasi biru,hijau dan putih. Terlebih lagi ketika sunset, warna laut pun tidak tertandingi.

Jumlah jenis terumbu karangnya merupakan 75% dari seluruh jenis terumbu karang dunia yang pernah ditemukan. Terdiri atas 603 jenis karang, 1511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Berbagai binatang eksotis pun ditemui disini. Ketika terjadi pasang surut terendah, pemandangan terumbu karang ini pun dapat terlihat tanpa perlu menyelam.

Keanekaragaman satwa liar yang hidup pun beraneka ragam jenisnya. Terutama terdapat 171 lebih jenis burung langka yang sangat menawan. Maka dari itulah terdapat 4 cagar alam yang melindungi aneka satwa disana. .

Bagaimana setelah melihat foto-foto diatas? Sungguh menakjubkan bukan? Bisa dibilang Raja Ampat adalah surgawi dunia, segala sesuatu kebutuhan rohani dan jasmani manusia terpenuhi disana. Apapun yang kita inginkan dari alam ada disana, mulai dari memanjakan mata dengan keindahan pulaunya lalu menenangkan diri di pantai pasir putih kemudian menejelajahi cagar alam yang menyimpan banyak burung-burung endemik yang sungguh menawan dan juga yang tidak kalah penting adalah berpetualang ke bawah laut dengan segala terumbu karang dan aneka satwa laut yang sangat fantastik dan luar biasa indah yang tidak bisa diungkapkan lagi dengan kata-kata apapun.Sungguh segala kebesaran-Nya tercitra pada Raja Ampat ini.

Bagi yang mengaku mencintai alam Indonesia, inilah agenda utama yang harus dikunjungi. Akses ke sana pun sangatlah gampang, mulai dari (naik pesawat) ke Kota Serpong, Papua Barat, lalu dilanjutkan (naik kapal) ke kabupaten Waiga, sampailah sudah di Raja Ampat. Tak perlu susah mencari tempat tinggal, disana menjamur berbagai penginapan mulai dari harga mahal sampai harga yang terjangkau, tinggal pintar-pintar memilih. Jangan khawatir, jasa tour guide pun pasti tersedia disana jadi tidak perlu takut untuk kesasar ataupun melewatkan satupun keajaiban alam dari Raja Ampat.

Barulah semua terkuat betapa kaya nya Indonesia, diam-diam menyimpan harta karun alam di ujung timur Indonesia. Mungkin selama ini kita berpikir ujung timur Indonesia hanyalah provinsi terpencil yang tidak level dengan kita yang tinggal di pusat kota. Namun siapa yang sangka atas semua keajaiban alam di Raja Ampat? Kita pasti menilai luar negri lah yang terbaik, sehingga tidak ada keraguan untuk mengeluarkan uang yang lumayan besar untuk dapat bertolak ke luar negri. Betapa senang negara-negara lain dapat kedatangan banyak turis asing tanpa perlu susah-susah promosi sana-sini, tapi bagaimana dengan negara kita yang justru mengadakan banyak promosi namun warga negaranya sendiri yang berbondong-bondong berwisata ke negara lain. Wisatawan asing pun rela menahan panasnya iklim di Indonesia hanya untuk mencicipi kekayaan disini. Memang benar "rumput tetangga selalu nampak lebih hijau."

Di lain pihak, sungguh di sayangkan ternyata banyak sekali orang asing yang telah menancapkan kekuasaannya disini, berbagai aset kepemilikan telah di kantongi oleh pemilik asing. Tidakkah bersedih sebagai pemilik kekayaan alam, penduduk pribumi yang seharusnya dapat memanfaatkan kekayaan alamnya menjadi sumber mata uang yang mendatangkan banyak keuntungan ternyata hanya menjadi orang kecil seperti nelayan, pelayan penginapan, ataupun penjaga pantai. Apakah penjajahan di muka bumi ini masih berlangsung? Mungkin kurangnya perhatian dari pemerintah, terlebih lagi kebanyakkan pemerintah hanya ingin mendatangkan keuntungan pribadi yang tidak lagi peduli dengan mereka. Tapi memang tidak bisa disalahkan mengingat tingkat pendidikan masyarakat disana yang sangat minim dan tidak memiliki skill yang dimiliki para pengusaha kaya (kelicikkan dalam berbisnis dan mencari keuntungan). Mungkin hal inilah yang menjadi bumerang bagi penduduk sana untuk tidak dapat menjadi penguasa di tanah sendiri.

Namun biar bagaimanapun permasalahannya, inilah Indonesia yang tidak diragukan lagi kaya akan harta karun alamnya. Raja Ampat hanya satu dari ratusan atau bahkan ribuan wisata alam yang menunjukkan betapa kaya nya Indonesia dan mengembalikan kita untuk menyadari betapa bangganya kita menjadi orang Indonesia. Jikalau banyak kritik dari warga negara Indonesia yang ditunjukkan pada negaranya ini, saya yakin semua adalah bentuk perhatian yang diberikan oleh warga neganya sendiri, karena kritik membuat apapun menjadi lebih baik, menjadi berbenah dan lebih sesuai harapan dan keinginan kita semua.

Keep smiling Indonesia :)

Sponsored by:

5 comments:

  1. bagus banget ya indonesia kita ^^ hehe..

    http://xiaoveeworld.blogspot.com

  1. iya tanpa kita sadari :)

  1. wow indonesia indah ia ternyata

  1. Semangat mengindonesiakan indonesia...
    semangat Indonesia!!
    salam anak negeri

    Blogwalking & Mengundang juga blogger Indonesia hadir di
    Lounge Event Tempat Makan Favorit Blogger+ Indonesia

    Salam Spirit Blogger Indonesia

  1. iya teman inilah Indonesia milik kita bersama, hidup Indonesia!

Post a Comment