twitter


Halo everyone! Kali ini viwviw akan membagikan pengalaman test CEPT yang merupakan test bahasa inggris under lisensi UII, dengan kata lain bisa dibilang TOEFL lokal UII. Jadi, test CEPT hanya diakui oleh UII, biasanya untuk pendaftaran pelamar tenaga kerja UII ataupun syarat kelulusan mahasiswa UII. Nah, test CEPT ini berbeda dengan TOEFL ya. Ini contoh soal untuk setiap sectionnya:

1. LISTENING

Section listening ini ada 2 part, yaitu:

Part A. Terdapat percakapan antar 2 orang, jadi kita diminta untuk memilih respon dari pembicara selanjutnya. Jadi ini berbeda dengan TOEFL ya. Kalau TOEFL kita menginterpretasikan pembicaraan dari orang pertama atau kedua, tetapi untuk di CEPT ini kita diminta menebak respon pembicara setelahnya. Part ini sebetulnya cukup mudah didengarkan karena pelafalannya sangat jelas dan kata-katanya tidak begitu sulit. Jadi tips dan tricknya dengarkan baik-baik dialog kedua pembicara. Pertanyaannya biasanya respon yang berkaitan dengan seluruh pembicaraan dari kedua orang tersebut.

Part. B. Isian soal. Di part ini, ada 1 orang pembicara yang memberikan ceramah/kuliah, lalu kita diminta menjawab 5-6 soal. Ini sangat sulit karena pelafalannya tidak begitu jelas dan kita diminta untuk menulis jawaban, bukan memilih pilihan ganda seperti soal sebelumnya. Sebetulnya kita cukup mendengarkan baik-baik karena text yang tersedia sangat mirip alurnya dengan yang dibicarakan oleh pembicara.

Tips nya jangan langsung menulis jawaban ke kolom jawaban, tulis di kolom coret-coret dulu karena kita bisa kehilangan fokus sehingga tidak menyimak pembicara untuk menjawab pertanyaan selanjutnya. Setelah 1 pembicara selesai kita diberi waktu 15 detik untuk menyalin jawaban, tapi itu sangat singkat jadi kita bisa menggunakan waktu selanjutnya yang digunakan oleh moderator setiap soal karena setiap soal didahului oleh moderator yang menjelaskan topik pembicara. Nah, kata-kata moderator ini tidak masuk soal ya jadi tidak perlu disimak, waktunya dapat digunakan untuk menyalin jawaban sebelumnya ke kolom isian jawaban. Disediakan kolom coret-coret untuk menulis.

Tulislah kata-kata dalam bentuk huruf kapital agar penguji paham apa yang kita tulis. Untuk jawabannya hanya maksimal 3 kata ya.

2. STRUCTURE/WRITING/GRAMMAR

Bagian ini mirip dengan test TOEFL. Terdiri dari 2 part, yaitu:

Part 1. Berupa pilihan ganda, kita diminta menjawab isian titik-titik pada soal.

Part 2. Berupa kalimat, lalu kita diminta untuk memilih kata yang salah/incorrect. 

Tipsnya mengerjakan section ini adalah belajar di buku TOEFL, perbanyak latihan, strukturnya hampir sama.

3. READING

Bagian ini banyak perbedaan dengan TOEFL, jadi ada beberapa part, yaitu:

Part 1. Ada bacaan lalu kita diminta memilih jawaban dari pilihan ganda. Ini persis dengan TOEFL, termasuk ada pertanyaan main idea paragraf, persamaan kata yang digaris bawah, pertanyaan kata pengganti (they/she/it/dll) ditunjukkan untuk apa, dll.

Part 2. Soalnya terdiri dari satu kalimat, lalu kita diminta memilih paragraf yang membahas sesuai dengan kalimat tersebut. Jadi di paragraf bacaan sudah terdapat huruf per paragrafnya yang kita jadikan acuan untuk memilih A/B/C/D. Tips: Kalimat tersebut sudah ada di paragrafnya jadi cukup mudah untuk ditemukan. Menurutku, jawaban untuk 1 pilihan hanya untuk 1 soal, jadi pilihan yang sama tidak mungkin terulang untuk nomor lain. Berdasarkan pengalaman sih ya, tapi tidak tahu kebenarannya.

Part 3. Kita diminta memilih True/False/Not Given. Soalnya terdiri dari satu kalimat, nanti disesuaikan dengan paragrafnya apakah sesuai atau tidak, atau malah tidak dibahas. Tips: Temukan kalimat yang membahas lalu lihat kontra atau tidak dengan soal, jika tidak menemukan pembahasannya maka pilih NG.

Part 4. Paragraf terdiri dari beberapa isian kosong, kita diminta memilih kata di pilihan ganda, pilihannya bisa dari A s/d F. Jadi pilihannya sangat banyak. Tips: Menurutku, jawaban untuk 1 pilihan hanya untuk 1 soal, jadi pilihan yang sama tidak mungkin terulang untuk nomor lain. Berdasarkan pengalaman sih ya, tapi tidak tahu kebenarannya.


Waktu pengerjaannya sangat sempit dan tidak boleh menyelesaikan soal sebelumnya. Jadi, harus cepat dan cermat, kalau belum yakin dilingkari dulu. Untuk score maksimalnya:

Listening: 340

Writting: 94

Reading: 360

Sebisa mungkin maksimalkan di listening dan writting, karena pengalaman kemarin di bagian reading sudah yakin betul tetapi kenyataannya nilanya sangat rendah. Untung kebantu oleh nilai dari listening dan writting. Sebetulnya bisa maksimal tetapi kurang tahu juga kenapa jadi rendah di reading. 

Oh ya untuk pengulangan ujian bisa dilakukan hanya seminggu sekali, hari testnya senin-kamis. Hasilnya muncul 1x24 jam, sertifikatnya 3-5 hari. Biayanya Rp. 75.000. Info selanjutnya bisa ke webnya: https://cilacs.uii.ac.id/cept

Oke segitu dulu bocoran dan tips nya mengenai CEPT. GOODLUCK bagi yang mau test CEPT!


0 comments:

Post a Comment