twitter


Kenapa pelajaran ini harus ada. Gue pikir kuliah itu adalah pelajaran apa yang menjadi pokoknya saja tapi ternyata banyak pelajaran lain yang hanya menyita otak dan menguras energi. Gue bisa bilang ini karena belum tentu pelajaran ini dapat dimanfaatkan dalam bidang yang sesuai dengan apa yang kita geluti. Sudah dipastikan pelajaran ini hanya akan menjadi puing-puing kenangan dalam otak yang akan semakin surut termakan oleh waktu.

Tapi berbondong-bondong orang berusaha untuk mengusahakan pelajaran yang tidak penting ini. Hal ini diikuti akan nilai, tak peduli hapalan yang mati-matian dihapal namun maksud dari hapalan tersebut tidak tersampaikan tetap dilakukan dengan gigihnya. Ya, terpaksa mau tidak mau karena pelajaran itu ada, pengajarnya ada, dan siklus pembayaran pun ada.

Di lain pihak ada pelajaran yang hanya diperuntukkan dalam waktu singkat, lalu untuk ke depan sudah ditiadakan. Apakah tidak berpikir bahwa otak manusia adalah otak manusia, bukan prosesor yang bisa "save" selamanya dan bisa di "delete" kapan saja. Sudah bisa ditebak bahwa pelajaran dan ingatan tentang itu akan terhapus seiring bergantinya pelajaran yang baru.

Tidakkah jika diubah konsep agar setiap awal kuliah disuguhi misal Pengantar Y terus tingkat berikutnya Y 1 naik lagi Y 2, sehingga memaksa manusia untuk tidak melupakan pelajaran di tingkat sebelumnya karena akan berhubungan dan sangat berbahaya jika tidak mengusai dasarnya karena akan berlanjut panjang ke tingkat berikutnya.

 Bukankah dengan demikian apa yang dipelajari akan tetap jadi kenangan yang terukir dalam kepala dan tidak bisa tergantikan. Dibandingkan dengan suatu pelajaran tertentu yang tingkat berikut sudah tidak ada lagi, hanya akan jadi kenangan yang terlintas sebentar namun tidak tersimpan dalam ingatan.
Ya, ini sangat membuang waktu. Apalagi dalam perjalanan waktu yang akan mengantarkan penerapan ilmu dalam masyarakat, bisa ditebak ilmu yang akan diingat setelah lulus nanti hanyalah ilmu yang sering dipakai pada tingkat menjelang kelulusan. Coba saja di tes.



Salam.

4 comments:

  1. wkwkwkw

    Setuju ane sus sama artikelnya..

    pas smA dlu pengen kuliah
    eh pas udah kuliah malah pingin Kerja aja

  1. bener,kuliah malah tambah galau-___-"
    aku juga sampe udah bosen kuliah,pengen cepet kerja aja rasanya

  1. Mata kuliah diPerguruan tinggi memang bertingkat-tingkat dan ada hubunganya.

    Agar tidak lupa, mulai dari awal kuliah diamalkan dalam keseharian.

    Memang sulit, membosankan, tapi dicoba dulu...

    Salam Hangat dari Semarang

  1. Kerja tapi pasti lebih susah haha

    Iya memang tapi ga semua yang bertingkat, jadi kan pasti lupa begitu aja kalo cuma dipakai pas semester awal hhe begitu
    Coba dibaca lagi postingannya ya ;)

Post a Comment