twitter



Ketika lo pertama denger kata ini lo langsung berpikiran tentang kemanusiaan dan keagamaan. Ya bener bgt,dalam hidup ini hanya rasa tentang kemanusiaan dan keagamaan lah yang harus dipegang para manusia yang masih pengen bahagia di dunia dan di dunia lain.

Ketika lo jalan ga liat kiri-kanan ternyata ada bapak-bapak tua pake kacamata item, karena lo kesel sama bapak-bapak udah tua masih aja sok gaya, langsung aja lo senggol keras terus pura-pura gak liat dan dilanjutkan dengan berlenggang pergi tanpa tengok ke belakang lagi. Dan lo tau gak apa yang terjadi sama si bapak-bapak tadi? Iya bener, si bapak-bapak tadi jatuh dan lo tau kenapa? bapak-bapak tadi pake kacamata item dikarenakan nggak bisa ngeliat. Lo tega gak sih, gue yakin biar lo tau pada akhirnya, lo juga pasti gak mau nolong, langsung nyelonong aja pergi entah karena takut disalahin orang, males soalnya udah terlanjur jahat, ato lo ga mau diliat org pas lo berbuat baik (muna bgt yg ini)

Bayangin kalo disekolahan gak ada toleransi, lo mau sakit, lo mau sakaratul maut, ato lo lagi tragis, tetep diharuskan masuk sekolah. Kan tega banget. Ato para umat beragama non-is merasa terganggu bunyi adzan jadinya bunyi adzan ga boleh lagi ada, kn ga mungkin bgt buat kita buat ngelaksanakan shalat.

Contoh lain pun masih sangat banyak dan itu sudah membaur dalam kehidupan kita sehingga lo ga sadar adanya rasa toleransi itu. Bukan hanya dapat lo temuin dalam pelajaran ppkn ataupun agama ataupun kehidupan, tapi lo bisa temuin dan melihat rasa toleransi dari diri lo yang lo aplikasikan dalam lingkungan sekitar lo.

Makanya itu gue ingetin rasa toleransi itu udah menjadi bagian dari hidup ini, bukan hanya penting tapi harus.

(tulisan ini terinspirasi dari bahan buat sayembara ahmad wahib bertema toleransi)

2 comments:

  1. setuju banget, toleransi itu penting untuk kelangsungan hidup ini #cieh hehe ^^

  1. ciehhh.. lanjutin azizah

Post a Comment